Tuesday, January 17, 2012

Fungisida Sistemik


Fungisida Sistemik
Fungisida Sistemik Untuk Mengatasi Pencegahan Infeksi Jamur
 Seperti halnya insektisida, menurut cara kerjanya fungisida pun dapat dikelompokkan menjadi kelompok fungisida sistemik dan kelompok fungisida kontak.
Jika fungisida kontak bekerja melalui paparan langsung pada cendawan sasaran, fungisida sistemik bekerja dengan cara masuk ke dalam sistem pembuluh tanaman sehingga akan menyebabkan seluruh bagian tanaman beracun bagi cendawan.
Keuntungan dari fungisida sistemik ini adalah efek residu dapat bertahan cukup lama di dalam tubuh tanaman, berkisar 1 minggu hingga 1 bulan tergantung dengan jenis bahan aktifnya. Selain lebih toleran terhadap pengaruh cuaca seperti hujan yang dapat membasuh residu fungisida pada permukaan tubuh tanaman, fungisida sistemik juga tidak memerlukan pemberian yang mensyaratkan terjadinya kontak langsung dengan cendawan pada saat pengaplikasiannya.
Fungisida sistemik bekerja secara spesifik melalui perusakan kimia enzim jamur seperti seperti merusak "akar", mengganggu pembentukan tabung kecambah, dan ada juga yang mengganggu pembentukan spora. 
Hampir semua fungisida sistemik dilengkapi dengan bahan aktif fungisida kontak. Fungisida kontak akan membunuh cendawan yang terkena paparan bahan aktif, sedangkan yang terhindar dari paparan akan "teracuni" oleh bahan aktif sistemik yang diserap tanaman inang yang kemudian diserap kembali oleh cendawan terebut.
Kemampuan sistemik dan kontak inilah yang membuat harga fungisida sistemik yang cukup mahal di pasaran, hal ini membuat banyak orang mengaplikasikannya sebagai senjata terakhir pada saat serangan cendawan pada tanaman sudah menjadi parah. Sebenarnya cara Ini adalah cara yang tidak tepat, karena cendawan dewasa memiliki daya tahan hidup lebih kuat, sehingga cendawan yang tidak mati karena terkena paparan bahan aktif kontak dan dosis bahan aktif sistemik yang kurang, dapat menjadi resisten terhadap bahan aktif yang terkandung di dalam fungisida. Jika perlakuan diaplikasikan pada saat cendawan baru tumbuh dengan kondisi yang masih lemah, kecil kemungkinanan cendawan bisa bertahan ketika menyerap zat aktif sistemik.
Bahan-bahan aktif yang dapat ditemui terkandung di dalam fungisida sistemik adalah Benomyl, Thiram, Carbendazim, Mancozeb, Oksadisil, Propineb, dan Metalaksil.
Benomyl (dipasarkan sebagai Benlate) adalah fungisida yang diperkenalkan pada tahun 1968 oleh DuPont. Benomyl adalah fungisida sistemik benzimidazole yang bersifat racun selektif bagi mikroorganisme dan invertebrata, khususnya cacing tanah. Benomyl mengikat mikrotubulus , mengganggu fungsi sel seperti meiosis dan transportasi intraseluler.
Toksisitas selektif benomyl sebagai fungisida adalah efeknya  tinggi terhadap jamur daripada mikrotubulus mamalia.
Thiram adalah senyawa  dithiocarbamate dimetil  yang digunakan sebagai suatu fungisida  untuk mencegah penyakit jamur pada biji dan tanaman selain berfungsi juga sebagai bakterisida.

Carbendazim adalah fungisida benzimidazole dengan spektrum luas yang  banyak digunakan. Penggunaan
Carbendazim diuslkan dilarang oleh Badan Kimia Swedia dan disetujui oleh Parlemen Eropa pada tanggal 13 Januari 2009, namun fungisida kontroversial ini secara luas digunakan di Queensland, Australia pada perkebunan macadamia.

 Mancozeb adalah fungisida bisdithiocarbamate etilen tidak beracun yang banyak diaplikasikan. Mancozep efektif terhadap penyakit tanaman yang disebabkan Phytophthora, Anthracnose, Botrytis, Fusarium, Pythium, Alternaria, Early and Late Blight, Powdery and Downy Mildew, Bacterial Spot, Verticillium, Angular Leaf Spot, Trichoderma, dan lain-lain.

Oksadisil adalah fungisida yang bekerja dengan cara menghambat salah satu proses metabolisme cendawan. Sifat oksadisil yang hanya bekerja pada spectrum sempit ini beresiko menyebabkan timbulnya resistensi dari candawan. 
Seperti halnya Thiram dan Mancozeb, Bahan aktif propineb bekerja dengan cara menghambat beberapa proses metabolisme cendawan. Sifatnya yang multisite inhibitor ini membuat fungisida tersebut tidak mudah menimbulkan resistensi cendawan. Fungisida yang bersifat multisite inhibitor (merusak di banyak proses metabolisme) umumnya berspektrum luas. 

Metalaksil adalah bahan aktif yang juga tergabung dalam kelompok fungisida yang bekerja dengan cara menghambat salah satu proses metabolisme cendawan. Beberapa Merek Fungisida Sistemik di Pasaran
 NamaBahan Aktif
 -  Benlate T 20/20 WP Benomyl 20% + Tiram 20%
 -  Delsene MX 80WP Carbendazim 6.2% + Mancozeb 73.8%
 - Saaf 75 WP Mancozeb 63% + Carbendazim 12%
-  Makaliette 35/35 WP Alumunium Fosetil 36.9% + Mancozeb 36.9%
 -  Pruvit PR 10/56 WP Oksadisil 10% + Propineb 56%
 -  Ridomil MZ 8/64 WPMetalaksil 8% +  Mancozeb 64%
 - Unilax 72 WP Mancozeb 64% + Metalaxil 8%
 -  Sandovan MZ 10/56 WP Oksadisil 10% + Mancozeb 56%
 - Cougar 280 SC Azoxistrobin 200 + Cyproconazole 80

Jadi gunakanlah selalu fungisida sistemik sebagai pencegahan serangan cendawan
Sumber:
 - http://agri-man.blogspot.com
 - http://epetani.deptan.go.id/budidaya/hama-dan-penyakit-padi-13
 - http://en.wikipedia.org/wiki/Benomyl

9 comments:

  1. bang hanif di mana saya bisa beli carbendazium

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf boz amad baru dibalas, bisa dibeli di toko pertanian terdekat, atau kalau mau saya bantu bisa beli di saya pak. trims

      Delete
    2. Pak, saya ingin beli pestisida berbahan aktif tunggal carbendazim. Bgmna cara memesan ke bapak hanif? Krn saya butuh cepat, pak. Tmpt tinggal skrg di bogor. Fast respon ya pak. Terima kasih

      Delete
  2. saya butuh benlate harus beli kemana

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf boz marsudi baru bales, Benlate sudah susah didapatkan boz, coba fungisida yang lain aja kaya Saaf boz, sama saja bagus dan kuat loh

      Delete
  3. om mau tanya jika untuk tanaman terong yang kena layu baktery baik nya pakai apa ya?...
    TQ

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau terserang layu bakteri, lebih efektif harus ditanggulangi ndengan bakterisida boz, atau jika untuk alternatif, bisa pakai Spring + Champ + Saaf. trims

      Delete
  4. Mas mau tanya kalau resep terbaik menangani fusarium pada tanaman buah naga agar penyeberan jamur berhenti dan tidak merusak pada buahnya kira2 apa ya d37589bf ini pin saya mas mohon bantuannya mas

    ReplyDelete
  5. Saat bermanfaat. Semoga berkah untuk semua. Khusunya untuk penulis.

    ReplyDelete