Wednesday, January 18, 2012

Harga Bawang Merah Anjlok Aturan Impor Bawang Tanpa Daun Tak Lagi Dikdaya



Bawang merah hampir sebesar genggaman anak dari India tetap saja masuk ke Brebes, Jawa Tengah yang tengah panen bawang merah. Akibatnya harga bawang merah di Brebes anjlok tinggal Rp 4000/kg, padahal harga pokoknya Rp 5.500/kg.

Pengelola Koperasi Nusantara Jaya, Mudatsir mengatakan bawang merah impor dari India yang masuk ke Brebes adalah dari Jakarta. “Bawang merah India masuk dengan harga Rp 3.500/kg,” tambahnya kepada Sinar Tani.

Menteri Pertanian Suswono saat bertemu dengan para petani bawang merah di Brebes, Jawa Tengah mengatakan semestinya bawang merah dari India tidak akan bisa masuk ke Brebes, karena aturannya bawang merah untuk konsumsi hanya boleh diimpor bila tidak dengan daunnya. Dengan mekanisme itu, maka bawang merah yang dibawa dari India akan cepat busuk. “Kita khawatirkan bawang merah impor beserta daunnya menjadi pembawa penyakit,” jelas Suswono.

Kemungkinan bawang merah itu bisa masuk ke Brebes karena diselundupkan atau permainan pedagang agar bisa memperoleh bawang merah di Brebes dengan harga yang murah. “Saya duga kemungkinan besar bawang merah impor yang masuk ke Brebes adalah penyelundupan atau permainan,” kata Hari Purnama (Ipung) Ketua Gapoktan Bayan Urip Sejati Bulusari, Bulakamba, Brebes.

Sewa Helikopter
Mentan menambahkan bawang merah dengan daun impor hanya boleh masuk bila untuk bibit. Suswono menduga mungkin ada pedagang yang bisa memanfaatkan celah hukum ini atau melakukan penyelundupan. “Kita akan cari mekanisme lain, misalnya pelabuhan masuk bawang merah impor dari wilayah-wilayah yang jauh dari sentra produksi,” tuturnya.

Atau lanjut Suswono bila memang petani sudah bisa menyediakan bibit bawang merah tanpa harus impor, Kementan akan mengusulkan untuk menyetop impor bibit bawang merah.

Sumber Sinar Tani.

No comments:

Post a Comment