Tuesday, January 17, 2012

Aplikasi Feromon-Exi untuk Mengendalikan Ulat Bawang Merah (Spodoptera exigua)



               
Ulat Bawang Merah (Spodoptera exigua) merupakan hama endemik di sentra produksi bawang merah Kabupaten Brebes dengan tingkat serangan sangat tinggi.





Tindakan pengendalian yang biasa dilakukan petani adalah penyemprotan berbagai jenis insektisida yang dilakukan secara intensif setiap 3-4 hari. Hal ini dilakukan petani karena menurut beberapa petani jika hama ulat bawang merah tidak dikendalikan secara intensif dapat menurunkan hasil hingga 40%. Namun demikian, penyemprotan insektisida secara intensif meningkatkan biaya untuk pemeliharaan tanaman, yaitu pengendalian hama hingga 20-25%. Selain itu, penggunaan insektisida yang berlebihan juga dapat mencemari lingkungan.
                Teknologi alternatif baru yang lebih efektif, efisien, dan ramah lingkungan untuk mengendalikan ulat bawang merah adalah dengan menggunakan feromon. Feromon merupakan senyawa kimia yang digunakan serangga untuk berkomunikasi dalam satu spesies (sejenis). Feromon yang digunakan oleh serangga jantan dan betina dewasa pada saat kawin (kopulasi) disebut feromon seks. Feromon seks inilah kemudian oleh Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Bioteknologi dan Sumberdaya Genetik Pertanian (BB-Biogen) dibuat sintetiknya dan dapat digunakan sebagai penarik ngengat jantan dewasa. BB-Biogen berhasil memformulasikan senyawa sintetik yang berperan sebagai feromon seks ulat bawang yang diberi nama Feromon-Exi.
                Selain Feromon-Exi, BB-Biogen juga berhasil mengembangkan Perangkap-Exi. Perangkap –Exi merupakan perangkap berferomon yang mampu menangkap dan membunuh serangga jantan. Perangkap-Exi sangat sederhana dan murah namun efektif mengendalikan hama ulat bawang merah, sehingga akan sangat terjangkau oleh petani.
                Jumlah Perangkap-Exi yang dipasang jika pemasangan dilakukan secara individu sekitar 20 unit/Ha. Jika pemasangan secara bersama-sama pada satu hamparan, jumlah Perangkap-Exi berkurang yaitu sekitar 10-12 unit/Ha.
                Hasil percobaan di sentra produksi bawang merah Brebes, Jawa Tengah pada tahun 2006, satu Perangkap-Exi mampu menangkap dan membunuh serangga jantan sekitar 400-500 ekor/malam. Dan setiap musim mampu menangkap dan membunuh serangga jantan hingga 125.000 ekor/Ha.
                Keberhasilan percobaan pengunaan Feromon-Exi mengendalikan ulat bawang merah di Brebes diadopsi dan diimplementasikan pada unit percontohan M-P3MI di Kabupaten Cirebon. Pada saat sosialisasi yang dilakukan oleh peneliti BB-Biogen, petani sangat antusias dan langsung tertarik untuk menerapkan inovasi tersebut di lahannya.
                Setelah disosialisasikan, kemudian praktek lapang pemasangan Perangkap-Exi pada unit percontohan M-P3MI, yaitu pada salh satu lahan anggota kelompok tani seluas 1 Ha. Jumlah Perangkap-Exi yang dipasang sebanyak 12 unit, sehingaa dalam satu hamparan unit percontohan (15Ha) akan dipasang sebanyak 180 unit.

                Praktek lapang dimaksudkan untuk meningkatkan dan mempercepat pemahaman petani tentang cara pemasangan Perangkap-Exi. Dengan demikian, petani tidak akan melakukan kesalahan pada saat mengaplikasikan Perangkap-Exi di lahannya masing-masing.

                Maka dari itu bisa di garis bawahi bahwa penggunaan Feromon-Exi ini memiliki beberapa kelebihan:
-Teknologi ini bersifat ramah lingkungan, tidak mengakibatkan terjadinya pencemaran lingkungan.
-Bersifat selektif untuk spesies hama tertentu.
-Mampu menekan populasi serangga secara nyata.
-Biaya yang dialokasikan lebih murah. Sebagai perbandingan penggunaan perangkap lampu membutuhkan biaya sekitar 1-2 juta rupiah tiap hektarnya, belum termasuk tambahan biaya untuk penyemprotan insektisida. Sementara itu, penyemprotan insektisida secara intensif dapat memakan biaya hingga 6 juta rupiah.

                Sumber Sinar Tani edisi 13-19 Juli 2011 No. 3414 Tahun XLI (Hal. 15)

3 comments:

  1. Bang dimana saya bisa beli feromon-exi

    ReplyDelete
  2. saya ingin tanya. buat pembeliian feromon exi.. dimana.. apabila saya berada di daerah klaten

    ReplyDelete
  3. https://www.bukalapak.com/p/hobi-koleksi/berkebun/peralatan-berkebun/226axg-jual-feromon-exi-pembasmi-ulat-bawang-spidoptera-exigua-paling-efektif

    ReplyDelete